Bolehkah Mencuci Mesin Mobil ?

Oktober 14, 2016 by ikameku

Image

membersihkan-mesin-mobil

Mesin mobil yang bersih dapat meningkatkan performa mesin itu sendiri. Untuk itu membersihkan mesin mobil adalah salah satu bagian penting dari perawatan mobil Anda. namun perlu diperhatikan bahwa cara mencuci mesin yang tidak benar justru dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin itu sendiri. Untuk lebih aman saat melakukan pencucian mesin mobil sendiri di rumah, kami akan sedikit mengulas tips singkat bagaimana mencuci mesin mobil.

Tips Mencuci Mesin Mobil :

1. Jangan mencuci mesin mobil dalam keadaan sangat panas atau dingin. usahakan mencuci mesin mobil dalam keadaan hangat. Apabila mesin dalam keadaan panas, hendaknya biarkan sejenak agar suhu panas pada mesin sedikit berkurang. Begitu pula sebaliknya, apabila kondisi mesin dalam keadaan dingin, lakukanlah pemanasan pada mesin agar suhu mesin sedikit naik dan menjadi hangat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pelepasan kerak – kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Setelah kondisi mesin menjadi hangat, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah menutup bagian bagian elektrikal yang penting dan tidak boleh terkena air (dalam hal ini adalah air bertekanan tinggi/steam).

3. Setelah semua elektrikal tertutup rapat, guyurlah mesin dengan menggunakan selang. basahi seluruh bagian mesin.

4. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian bagian mesin. Jangan sembarangan menggunakan deterjen atau cairan kimia karena beberapa bagian mesin sangar sensitif terhadap bahan kimia, yang terkadang dapat pula merusak bagian block mesin.

5. Diperbolehkan menggunakan kuas, sikat, atau kain kasa dan apa saja yang dapat membantu tangan anda membersihkan bagian bagian yang tidak terjangkau oleh tangan anda.

6. Setelah merassa semua bersih, anda boleh melakukan penyemprotan dengan menggunakan air bertekanan. Dan yang harus diperhatikan dalam penyemprotan dengan menggunakan air bertekanan ini adalah jangan menodongkan stik/nozel steam pada bagian bagian beikut ini: busi, delco, dinamo starter, puse box (box sekring), engine control unit (ECU) dan semua socket elektrikal. Selain tempat-tempat tersebut aman untuk di-steam.

7. Setelah semua proses selesai, maka selanjutnya adalah mengeringkan semua bagian-bagian mesin dengan menggunakan lap chamois, bila perlu semprot pada bagian socket socket dengan menggunakan angin kompresor agar terhindar dari korsleting.

Seluruh proses harus dilakukan dengan cermat. Apabila anda ragu, sebaiknya proses ini diserahkan kepada ahlinya, yakni di tempat pencucian mobil atau salon mobil. Namun tanyakan dulu langkah-langkah mereka dalam mencuci atau membersihkan mesin mobil, apabila proses yang mereka jelaskan terkesan sembrono dan kurang professional, maka dapat mencari tempat pencucian mobil atau salon mobil lainnya. Tanyakan juga garansi hasil pengerjaan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Cari :

Kategori :